fbpx
Cara Kerja Algoritma Instagram

Perubahan algoritma instagram terjadi sepanjang waktu berdasarkan banyaknya data yang diperoleh. Perubahan tersebut dapat didukung dari machine learning, yang mana pola atau tren perilaku baru akan menjadi salah satu faktor dalam cara kerja algoritma.

Anda yang terbiasa membagikan konten marketing brand Anda di media sosial khususnya instgram harus mengerti bagaimana cara kerja algoritma instagram agar lebih memaksimalkan konten Anda lebih baik. Apa itu algoritma instagram dan bagaimana mengetahui cara kerja algoritma instagram? berikut ini simak ulasannya.

Apa Itu Algoritma Instagram

Sebelum mengulas bagaimana cara kerjanya ada baiknya mengerti pengertian dasar algoritma instagram. Dilansir dari dotnextdigital algoritma instagram adalah perhitungan otomatis untuk memilih postingan terbaik yang dapat mencapai titik teratas saat pengguna mengaksesnya. Dapat disimpulkan bahwa algoritma membuat audiens melihat suatu konten termasuk konten yang Anda unggah.

Perubahan algoritma instagram terjadi sepanjang waktu berdasarkan banyaknya data yang diperoleh. Perubahan tersebut dapat didukung dari machine learning, yang mana pola atau tren perilaku baru akan menjadi salah satu faktor dalam cara kerja algoritma. Instagram memiliki bentuk konten berupa feed, IG TV, explore, stories yang memiliki algoritma berbeda-beda dan memiliki cara kerja yang tak mudah ditebak. Jika Anda memahaminya Anda bisa menyesuaikan strategi untuk brand Anda.

Cara Kerja Algoritma Instagram

Bersumber dari Hootsuite, algoritma instagram bergantung pada tiga faktor utama yaitu relationship, interest, dan timeless. Relationship Akun instagram yang paling sering Anda lihat dan melakukan interaksi seperti mengirim DM sudah pasti akan muncul dalam feed Anda. Walaupun akun yang Anda follow sangat banyak, namun akun teman dan keluarga yang sering Anda ajak untuk berinteraksi pasti akan tetap muncul.

Algoritma instagram akan mempelajari interaksi yang telah Anda lakukan saat sedang browsing di media sosial untuk mencari tahu siapa saja akun yang dekat dengan Anda.

Jadi semakin sering Anda membuka profilenya, mengirimnya DM, dan memberikan tag pada akunnya, maka Instagram akan membuat postingannya muncul di feed Anda.

Interest

Sadar atau tidak Anda bahwa urutan postingan yang berada di feed dan story Instagram juga berdasarkan pada ketertarikan Anda dengan konten dan hal tertentu. Misalnya jika Anda menyukai seorang artis tertentu dan selalu memberikan komentar, like, dan membuka profilnya, maka postingan artis tersebut yang akan selalu muncul di feed Anda.

Selain itu, konten yang berhubungan dengannya misalnya foto atau video yang diposting oleh penggemarnya juga bisa sering muncul di bagian explore. Jadi, apapun konten yang relevan dengan hal yang Anda sukai pasti akan lebih sering muncul pada feed dan story Instagram Anda.

Timeliness

Faktor timeliness juga menjadi perhatian. Timeliness di sini adalah seberapa baru konten tersebut Anda posting. Konten yang baru saja diposting akan muncul pada feed teratas. Hal tersebut mengapa sangat penting untuk memposting konten saat banyak orang sedang aktif menggunakan instagram.

Hasil riset oleh Sprout Social menyatakan bahwa engagement paling baik dan konsistem di instagram adalah pada hari senin sampai jumat mulai dari pukul 9 pagi sampai 4 sore. Sedangkan waktu engagement terendah yaitu sebelum pukul 6 pagi dan setelah pukul 9 malam. Itulah mengapa jika Anda ingin memiliki banyak engagement selalu memperhatikan waktu yang tepat untuk memposting konten.

Sumber: inmarketing

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Add to cart