fbpx
Apa Itu SSL dan Apakah penting SSL untuk Website

Desain merupakan salah satu komponen sebagai tolak ukur kesuksesan campaign marketing. Bahkan, tidak jarang kita melihat iklan yang unik dan nyeleneh baik di televisi maupun di social media. Tujuannya biasanya sebagai brand awareness atau menarik perhatian calon pembeli. Namun, jika anda ingin memiliki design yang berkualitas namun tidak punya cukup skill untuk menggunakan corel draw atau photoshop maka canva adalah solusinya.

Saat ini, banyak website yang telah menggunakan SSL. Bukan tanpa alasan, melainkan SSL ini memiliki banyak sekali manfaat tersembunyi dari berbagai aspek, seperti keamanan, SEO, dan lain-lain.

Apa Itu SSL dan TLS?

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, salah satu komponen penting yang harus dimiliki website. Dengan SSL, transfer data di dalam website menjadi lebih aman dan terenkripsi. Bahkan saking pentingnya, Google Chrome melabeli website tanpa sertifikat SSL sebagai Not Secure.

Apabila sistem keamanan ini ditambahkan pada website Anda, maka URL website akan berubah menjadi HTTPS. Tujuan utama pemasangan SSL adalah sebagai pengaman pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet.

Di awal tadi kami sempat menyinggung, apa beda SSL dengan TLS? Sebenarnya, kini SSL sudah tidak digunakan sama sekali dan sudah digantikan oleh TLS.

Walaupun begitu, karena kebanyakan orang sudah terlalu familiar dengan istilah SSL, perusahaan tetap menggunakan istilah tersebut. Padahal pada dasarnya kini fitur enkripsi yang disediakan adalah TLS.

Keduanya sama-sama mengamankan transfer data di dalam website. Namun, teknologi TLS lebih baik karena lebih baru dan merupakan upgrade dari SSL. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan perbedaan istilah tersebut.

Mengapa Perlu Menggunakan SSL/TLS?

Secara garis besar, SSL diperlukan untuk mengamankan website Anda dari ancaman keamanan. Namun, ada juga alasan-alasan spesifik mengapa Anda perlu menggunakan SSL/TLS. Berikut ini alasan-alasan yang dimaksud:

  1. Menghindarkan Pencurian Data
    SSL/TLS melindungi Anda dari ancaman pencurian data. Caranya dengan melakukan enkripsi atau pengacakan data sensitif . Dengan begitu, sembarang orang takkan bisa membaca data yang Anda punya dan kirimkan.
  2. Menghindarkan Salah Kirim Data
    SSL/TLS juga berfungsi untuk otentikasi (authentication). Artinya, SSL/TLS memastikan Anda mengirimkan informasi atau data ke server yang sesuai tujuan. Bukannya mengirim informasi ke hacker atau pihak-pihak tak bertanggung jawab.

  3. Meningkatkan Reputasi Website
    Ketika website sudah terinstall SSL/TLS, browser akan menunjukkan notifikasi tertentu. Di Internet Explorer, biasanya notifikasi akan berwujud block berwarna hijau di address bar. Sedangkan di Firefox maupun Google Chrome, notifikasi akan ditunjukkan dalam bentuk ikon gembok yang terkunci.

    Notifikasi ini bermanfaat untuk meningkatkan reputasi dan kepercayaan Anda di mata pengunjung. Dengan adanya notifikasi, pengunjung website takkan ragu untuk mengakses website. Dalam kasus website toko online, calon pembeli juga takkan ragu berbelanja di website Anda.

  4. Meningkatkan Ranking Website di Mesin Pencari
    Algoritma Google juga lebih menyukai website yang memiliki sertifikat SSL/TLS. Bukan cuma sekadar suka sebetulnya. Google bahkan “melarang” penggunanya untuk mengunjungi website yang tak punya sertifikat SSL/TLS.

Maka tak heran kalau SSL/TLS juga berhubungan dengan ranking website di mesin pencarian. Sebuah riset membuktikan bahwa kebanyakan website dengan sertifikat SSL/TLS punya posisi yang lebih tinggi di mesin pencari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

A Creative Design
& Digital Advertising
based in Bali

+62 812-3676-3969
[email protected]
@kayanacreative

Newsletter
Stay Updated on all that’s new add noteworthy
Kayana Creative Google Partner

Copyright © 2021 Kayana Creative. CV. ARTANA ADHITAMA. All rights reserved.

Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping
Add to cart