fbpx
3 Waktu Terbaik untuk Menjual Investasi Reksadana Milikmu

Setelah berinvestasi cukup lama, mungkin kamu mulai bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk menjual portofolio reksadana miliknya? Apakah menjual reksadana pada saat pasar sedang terkoreksi adalah waktu terbaik? Atau mencairkan reksadana di saat keuntungan sudah cukup tinggi merupakan keputusan bijak? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada sejumlah saran yang dapat kamu pertimbangkan.

Inilah 3 waktu terbaik menjual portofolio investasi reksadana

Sebenarnya waktu terbaik menjual reksadana, akan berbeda-beda di setiap orangnya. Hal itu terjadi karena tujuan keuangan masing-masing individu berbeda. Selain tujuan yang berbeda, kondisi keuangan seseorang juga tentu berbeda pula. Namun begitu, inilah waktu terbaik menjual reksadana milikmu.

Jual saat kamu benar-benar butuh dana

Pertimbangan yang masuk akal untuk menjual reksa dana adalah saat kita terdesak membutuhkan dana. Namun pertimbangkan lagi baik-baik sebelum mencairkan reksa dana yang dimiliki.

Bila ada alternatif sumber pendanaan yang bisa diusahakan untuk menambal kebutuhan tersebut, kamu sebaiknya menggunakannya. Sebab, menjual reksa dana terlalu dini justru malah membuat kamu tidak dapat menikmati keuntungan yang lebih besar dari investasi ini.

Jangan pula menjual reksa dana untuk memenuhi kebutuhan sesaat yang tidak terlalu penting. Di sini kamu perlu tentukan skala prioritas. Bila kebutuhan yang dimaksud adalah hal-hal yang sifatnya sekunder, misalnya untuk membeli tas bermerek atau mengganti mobil model terbaru, ada baiknya kamu menahan diri untuk memenuhinya.

Sebaiknya menunggu hingga kamu bisa mendapatkan keuntungan investasi yang lebih besar baru mencairkan reksa dana dan membeli barang-barang tersebut. Kamu juga perlu mengetahui prosedur yang harus dilalui saat menjual reksa dana. Penjualan tidak dapat dilakukan seketika. Paling tidak kamu perlu menunggu 3 hari hingga satu minggu sampai uang tersebut dapat dicairkan ke rekeningmu.

Jual saat performa reksadana terus menurun

Kamu dapat menjual reksa danamu bila nilai reksa dana yang kamu miliki terus turun. Saat itu, berpindah ke reksa dana yang lain atau portofolio investasi yang lain pun mungkin bisa menjadi pilihan. Namun hal ini pun perlu kamu pikirkan dengan baik. Lihatlah keseluruhan faktor yang mempengaruhi penurunan nilai reksa dana.

Bila penurunannya disebabkan oleh pasar saham dan obligasi yang memang sedang terkoreksi karena situasi ekonomi makro di dalam dan luar negeri, sebaiknya kamu menunggu untuk menjual reksa dana. Hal ini karena, besar kemungkinan pasar akan kembali stabil dan meningkatkan nilai investasimu dalam waktu dekat.

Bila buru-buru menjual, bisa saja kamu tidak menikmati kenaikan keuntungan saat pasar membaik. Oleh karenanya berikan waktu observasi setidaknya 2-3 tahun terhadap performa reksadana kamu. Bila setelah jangka waktu tersebut, nilainya tidak kunjung baik, kamu bisa memutuskan untuk menjualnya.

Namun bila setelah diteliti, performa reksadana terus terun karena masalah teknis, misalnya tidak eloknya kompetensi manajer investasi dalam mengelola dana, kamu bisa jual reksadana dan memindahkan dana itu ke manajer investasi lain yang memiliki rekam jejak pengelolaan investasi lebih baik.

Jual saat tujuan investasimu telah terpenuhi

Ini mungkin menjadi saat yang paling tepat untuk menjual reksa dana. Saat memulai investasi kamu tentu telah memiliki rencana jangka panjang untuk apa dana ini akan digunakan, entah itu untuk memenuhi biaya pendidikan anak, membeli rumah, atau menikah. Bila imbal hasil reksa danamu telah mencapai besaran dana yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu dapat mencairkannya.

Ingat, pertimbangkan matang-matang sebelum menjual investasi reksa danamu.

Sumber: bukalapak.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

A Creative Design
& Digital Advertising
based in Bali

+62 812-3676-3969
[email protected]
@kayanacreative

Newsletter
Stay Updated on all that’s new add noteworthy
Kayana Creative Google Partner

Copyright © 2021 Kayana Creative. CV. ARTANA ADHITAMA. All rights reserved.

Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping
Add to cart